SIAPKAN TENAGA AHLI KEPELABUHANAN

Jenis: Berita
Minggu, 07 Agustus 2022

Ketum APTMI Berkunjung ke PIP Balikpapan

KETERSEDIAAN tenaga kerja ahli di bidang kepelabuhanan bagi warga lokal Kaltim, akan segera terwujudkan. Sejumlah asosiasi kepelabuhanan bersepakat dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Balikpapan untuk menyiapkan sertifikasi kompetensi khusus. Hal ini tertuang dalam kunjungan Ketua DPP Asosiasi Perusahaan Tally Mandiri Indonesia (APTMI) H Habibudin ke PIP Balikpapan, Jumat (5/8/22). Turut pula hadir Ketua DPC Asosisasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Balikpapan Jhony, Faisal Tola, praktisi senior di bidang kepelabuhanan, serta rombongan. Pada kesempatan tersebut Faisal Tola membuka pertemuan dengan menjelaskan akan pentingnya Tally Mandiri bagi perusahaan pelayaran sebagai tools dalam kegiatan usaha menghitung, mengukur, menimbang dan membuat catatan muatan untuk kepentingan pemilik barang dan pemilik kapal. Pemerintah juga telah mengamanatkan sektor pelabuhan ditunjang dengan penyelenggaraan jasa usaha secara professional.

Senada dengan itu Habibudin menegaskan bahwa Tally Mandiri diamanatkan pemerintah melalui dalam Undang-Undang No 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, Undang-Undang No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Peraturan Pemerintah No 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Peraturan Menteri Perhubungan No PM 12 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Transportasi dan Peraturan Menteri Perhubungan No PM 59 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan Angkutan di Perairan. “Dengan adanya Tally Mandiri, pemerintah akan mendapat data yang valid tentang lalu lintas kapal dan lain sebagainya,” sambungnya. Tak main-main dia mengklaim, dengan adanya Tally Mandiri akurasi rantai pasok yang tercatat mencapai 90 persen. “Apalagi dengan adanya sistem yang kami bangun, yakni e-Tally maka semua terdata,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu Lauhil Machfudz (Direktur PIP Balikpapan) menyambut baik dan menyampaikan terimakasih yang tak terhingga atas kunjungan tersebut dan merespon positif terhadap rencana kerjasama APTMI, PBMI & ALFI dengan PIP Balikpapan dalam hal penyelenggaraan Diklat dan Sertifikasi Tally Mandiri, Sertifikasi Tenaga Logistik dan Sertifikasi Tenaga Kerja Bongkar Muat khususnya bagi perwira taruna pelayaran di PIP Balikpapan dan untuk masyarakat umum yang membutuhkan kompetensi ini, ungkap Lauhil mengakhiri pertemuan tersebut.