ABDIMAS - DIKLAT BST

Jenis: Artikel
Selasa, 22 Februari 2022

Dosen PIP Balikpapan Mengadakan Diklat BST Sebagai Kegiatan Pengabdian Masyarakat 

Sejak Kamis 17 Februari kemarin hingga Sabtu 19 Februari besok PIP Balikpapan kembali mengadakan serangkaian diklat untuk para pelaut dan calon pelaut yang diantaranya adalah Diklat Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting(AFF), Medical First Aid (MFA), Proficiency Survival Craft Rescue Boat (PSCRB) serta Medical Care (MC). 

Antusiasme masyarakat dengan diadakannya Diklat ini terbukti dengan jumlah pesertanya yang mencapai 78 orang yang terdiri dari 42 peserta BST, 21 peserta MFA dan 15 peserta AFF.

Ketua panitia Ferdinanandus Hariman Haman S.Si.T mengungkapkan bahwa pelatihan dasar keselamatan ini diadakan untuk mengantisipasi adanya bahaya yang mengancam keselamatan jiwa crew kapal sehingga mampu mencegah maupun mengatasi bahaya kecelakaan tersebut dengan standar pelatihan dasar sebagai pelaut professional dan mumpuni. Selain itu Ferdi yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur III bidang ketarunaan ini menambahkan bahwa selain menambah pengetahuan dan wawasan sebagai pelaut tentang arti pentingnya keselamatan jiwa dalam pelayaran diklat ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kepekaan dan kesadaran terhadap pentingnya pencegahan dan penanggulangan kecelakaan diatas kapal yang disebabkan oleh human error maupun oleh keadaan alam. Semua ini bertujuan dalam rangka memberikan pertolongan pertama pada crew kapal saat mengalami kecelakaan diatas kapal khususnya saat dalam pelayaran di tengah lautan, imbuh Ferdi.

Adapun materi yang disampaikan kepada peserta Diklat tergantung jenis Diklat yang diikuti, misal untuk Diklat BST diberikan materi pengetahuan dasar mengenai cara menghadapai kebakaran dan jenis alat-alat yang harus digunakan dalam memadamkan api, program pengenalan dan pelatihan dasar keselamatan serta teknik survival baik secara individu maupun secara perkelompok.  

Rangkaian Diklat ini terselenggara atas kerjasama PIP Balikapapan dengan Rayon Induk PIP Makassar. Rayon Induk PIP Makassar menghadirkan empat orang Instruktur yang kompeten dibidangnya antara lain; Abrar Mallapiang, Dwi Afrianto S.Tr. Pel, dr Zulkifli Razak S.Ked dan Muhammad Rian Wirabuana S.Si.T. serta dukungan dari pihak Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Balikpapan yang juga mengutus timnya sebanyak 4 personil.